Kamis, 02 Desember 2010

Ayam Bakar Klaten Kemang

Bermacam macam ayam yang di olah. Namun olahan ayam bakar klaten kemang yang satu ini memang bener-bener maknyusss. dengan lumuran bumbu yang dicampurkan setelah dibakar. Cocolan sambal gorengnya yang pedas menggigit, benar-benar bikin klangenan.

Mau di goreng, di bakar, di balut tepung dan masih banyak lagi. "Beberapa kali melewati tempat ini saya tidak menyadari kalau ada rumah makan yang top ini. Lokasinya tepat di depan Kemang Medical Center. "Meskipun rumah makan ini sederhana,

Rumah makan ini menempati ruang tengah sebuah rumah dan tidak terlalu besar. Di bagian luar terdapat dua buah meja dengan empat buah kursi kayu sederhana. Di bagian dalam juga demikian. Saya memilih duduk di dalam sambil menyaksikan siaran televisi. Menu yang ditawarkan tidaklah banyak. Ayam bakar Klaten, ayam goreng, gado-gado, dan sop daging.

Dengan tampilan ayamnya yang berwarna kecokelatan dan lumuran bumbu berwarna cokelat yang harum. Biasanya, ayam bakar Klaten menggunakan ayam kampung muda, tapi untuk ayam ini tidak. "Tapi justru menggunakan ayam jantan yang sudah dimasak dengan bumbu-bumbu seperti jinten, ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam dan merica sebelum di bakar.

Ayam ini dimasak bersama dengan santan encer hingga ayamnya empuk. Inilah yang menjadikan ayam bakar Klaten ini berbeda. Di tahap akhir barulah ditambahkan santan kental dan dimasak hingga berminyak dan santan menyatu dengan bumbu bergumpal halus.

Untuk semua porsi makanan yang saya makan, saya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Untuk ayam bakar saya cukup membayar Rp 13.000,00 sedangkan ayam gorengnya Rp 10.000,00.

* seruu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar