Kamis, 02 Desember 2010

Makan ala Vegetarian

Beralih mengonsumsi makanan dari jenis daging ke vegetarian memang bukan hal mudah yang dapat dilakukan setiap orang. Terlebih, di Jakarta ini, jumlah rumah makan yang menyajikan makanan khusus vegetarian masih terbilang sedikit. Belum lagi masih banyak orang yang beranggapan bahwa menu vegetarian tidak selezat makanan berbahan daging.

Namun, Rumah Makan Vegetarian Ko Alim, yang berada di kawasan Petak Sembilan, Grogol, Jakarta Barat, memiliki menu khusus berbahan dasar vegetarian. Di warung ini, semua makanan bentuknya menyerupai daging, tetapi berbahan dasar makanan vegetarian yang telah diolah sedemikian rupa.Mengenai aroma dan rasanya, tentu tak kalah dengan aslinya sehingga membuat orang yang pernah mencicipinya menjadi ketagihan. Bahkan, menu yang tersedia di warung makan ini bisa merangsang orang untuk beralih ke menu vegetarian.

Warung makan vegetarian milik Ko Alim memang tidaklah besar seperti restoran. Bentuknya mirip seperti warteg (warung Tegal) sehingga tak banyak orang tahu mengenai warung tersebut. Sebuah etalase kaca yang menjadi tempat pajangan menu makanan tampak terlihat dari luar.Memang tak ada yang berbeda antara menu makanan yang disajikan warung milik Ko Alim dengan makanan dari warung pada umumnya. Yang menjadi pembedaannya adalah warung ini lebih fokus pada penyajian menu makanan jenis vegetarian.“Biasanya orang cenderung memilih makanan daging karena rasanya yang lebih enak. Namun, di sini kami mengakalinya dengan membuat menu daging buatan dengan bahan vegetarian tanpa menghilangkan rasa dan aroma daging aslinya,” kata Alim, Senin (26/4/2010).

Untuk menjerat pelanggannya, selain menjaga kualitas masakannya, Ko Alim juga menawarkan makanan dengan harga yang relatif murah. Dengan begitu, semua lapisan masyarakat dapat membeli aneka menu makanan yang dijualnya.Dikatakan, masakan vegetarian hasil olahannya itu terbuat dari tepung yang dicampur dengan jamur dan rumput laut, serta rempah-rempah sebagai pengganti rasa.

Awalnya semua bahan tersebut dicampur bersama air dan diaduk hingga mengeras. Setelah itu, tepung yang sudah padat kemudian dibentuk kecil-kecil layaknya daging yang disebut gluten. Daging buatan atau gluten yang masih mentah itu kemudian dipanaskan dalam oven atau bisa dibakar. Setelah itu baru diolah menjadi masakan seperti rendang dan sebagainya.Di warung Ko Alim ini juga tersedia mi ayam vegetarian. Daging ayamnya juga dia ganti dengan makanan vegetarian, yakni berbahan jamur cincang


* seruu
Lihat juga : marzano, pizza hut, sandwich

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar