Kamis, 25 November 2010

Bandar Serpong

Jakarta - Di Jakarta dan sekitarnya, tempat-tempat makan yang khusus menyajikan seafood semakin banyak. Ini sungguh menggembirakan! Antara lain, ini berarti bahwa kesadaran makan sehat dari protein hasil laut semakin meningkat. Kalau benar kata orang bahwa bangsa Jepang rata-rata pintar karena banyak mengonsumsi protein hasil laut, mudah-mudahan warga bangsa kita pun semakin cerdas di masa depan.

Saking banyaknya rumah makan yang khusus menyajikan seafood, masing-masing pun berusaha menampilkan ciri khas agar dipilih konsumen. Misalnya, untuk seafood bakar, gaya Makassar bisa dijadikan patokan terbaik. Gaya Pantai Jimbaran Bali pun tampak ditampilkan dengan baik. Masakan Manado pun dikenal untuk jenis seafood yang dimasak dengan kuah.

Di Serpong, ada sebuah tempat makan relatif baru yang kini populer sebagai pilihan tempat makan hasil laut. Pemiliknya orang Medan, dan karena itu kekhasan gaya Medan merupakan pembeda bagi rumah makan yang diberi nama Bandar Serpong ini, a.l. ikan kukus dengan bumbu tauco.

Jenis ikan laut yang disediakan di sini - semuanya masih hidup - antara lain adalah: kakap merah, kakap putih, jenaha, kerapu, kaci-kaci, tanda-tanda, dan bawal bintang. Juga tersedia gurame bagi mereka yang lebih suka ikan air tawar. Udang, lobster, cumi-cumi, dan kepiting pun merupakan hidangan andalan. Saya suka jenis kerangnya yang beragam, seperti: kerang dara, kerang bambu, kepah, kerang kampak (semacam scallop), dan lain-lain.

Keistimewaan Bandar Serpong adalah ikan yang dimasak dua rasa. Artinya, bila membeli satu ekor ikan, bagian kepala dapat dimasak gulai, sedangkan bagian badan dan ekor dimasak tim atau bakar balado. Pilihan ini disukai para tamu karena dapat mencicipi berbagai ragam masakan.

Gulai ikannya bersantan tipis, tone rempah India, tetapi dengan citarasa khas yang dihasilkan asam sunti (blimbing wuluh). Ada dua pilihan masakan kukus, yaitu gaya Hong Kong dan gaya Teochew. Untuk ikan bakar, pilihan bumbunya adalah balado atau rica-rica. Kalau sulit memilih, pesan semua saja. Pokoke mak nyuss!

Masakan telur asinnya juga istimewa. Cumi-cumi, gurame, udang, dan kepiting telur asinnya patoet dipoedjiken rasanya. Untuk kerang bambu, pilihan terbaiknya adalah dimasak dengan bumbu BanSer (Bandar Serpong). Sedangkan untuk kerang kampak, cocoknya dikukus dengan saus bangkok.

Jangan lewatkan masakan kreasi baru BanSer, yaitu udang keju, lobster keju, dan gurame salju. Yang terakhir ini adalah fillet ikan gurame goreng dengan topping mayones dan potongan buah (fruit salad).

Sayur-mayur yang cocok untuk mendampingi menu seafood ini antara lain adalah terong-pete balado. Dijamin balik lagi! (Bondan Winarno)

Bandar Serpong
Jalan Raya Serpong Priyang
km. 9 no. 88B, Tangerang


* detikfood
Lihat juga : loewy, marzano, pizza hut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar