Selasa, 30 November 2010

Menikmati Sayur Batang Rotan

JIKA Anda beranjak ke Palangkaraya akan menemukan keunikan kuliner yang berasal alam yang sesungguhnya, semisal rotan. Jika rotan di sebagian masyarakat dijadikan perabotan rumah tangga, lain halnya masyarakat Kalimantan Tengah ini batang rotan justru dijadikan sayuran yang sangat khas.

Makanan ini dapat anda temukan di Warung Makan Ny. Idong di Jl. RTA Milono, Palangkaraya. Pada umumnya makanan batang rotan cukup dikenal para pengunjung dari luar Kalimantan Tengah. Keunikannya bukanlah menjadi soal untuk diperdebatkan lagi.

Cukup mudah membuat makanan khas Dayak ini. Pertama kali anda harus memilih jenis rotan yang masih muda, setelah itu, rotan terlebih dulu dibersihkan dan bagian dalam yang lunak dipotong sedikit kecil, agar memenuhi selera nikmatnya. Memasaknya perlu dicampurkan dengan terong asam, ubi keladi serta bumbu-bumbu sayuran. Selain itu, Sayur Rotan Palangkaraya akan lebih terasa nikmat, jika proses masaknya dicampur dengan terong asam, ubi keladi serta bumbu-bumbu sayuran.

Sayur Rotan ini, juga dapat ditemukan pada restoran mewah di Palangkaraya, namun para pengunjung akan lebih mudah jika mencarinya di wilayah pedalaman, terutama memasuki ke dalam lingkungan Suku Dayak.

Menu lainnya adalah jenis ikan bakar, seperti ikan baung dan patin. Dengan rasa yang gurih, kepahit-pahitan, merupakan cita rasa nusantara tersendiri bagi kekhasan Palangkaraya.

Cukup menarik bukan? jika anda tertarik, silahkan memasukkan alternative tempat kuliner Batang Rotan dalam agenda liburan anda. Apalagi sudah lama tersedia penerbangan dari Jakarta ke Palangkaraya sebanyak tujuh kali dalam seminggu dengan menggunakan Garuda Indonesia.


* mediaindonesia
Lihat juga : marzano, pizza hut, sandwich

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar