Rabu, 24 November 2010

Ramesan Jawa yang Bikin Kangen

Jakarta - Kalau kangen nasi gudeg, nasi langgi atau nasi pecel, mampirlah ke rumah makan ini. Semua hidangan khas Jawa diolah dengan bumbu yangkomplet dan miroso. Kupat tahu yang gurih dengan kuah yang encer manis-manis pedas, benar-benar jadi penumpas rasa kangen masakan Jawa.

Di saat hujan dan lalu-lintas di kawasan Jakarta Barat merambat, saya justru teringat akan sebuah rumah makan di daerah Jalan Panjang. Bale Dahar, dalam bahasa Jawa yang artinya ya Rumah Makan. Berlokasi di sebuah ruko, rumah makan 2 lantai ini termasuk populer kerena di jam-jam makan selalu dipadati pengunjung.

Menu yang disodorkan ya menu nasi rames (nasi plus lauk-pauk) khas Jawa. Ada nasi gudeg, nasi pecel, nasi kuning, nasi langgi dan kupat tahu Magelang. Kalau mampir ke rumah makan ini saya selalu mencari nasi pecel. Pecel khas Jawa dengan pelengkap kerupuk gendar plus rempeyek kacang.

Karena sudah malam maka pilihanpun bergeser ke nasi langgi dan kupat tahu Magelang. Dua hidangan ini juga merupakan favorit di rumah makan ini. Sambil menunggu, ada berbagai jajan pasar yang disajikan di atas baki kecil. Lemper, pisang goreng, jentik manis dan hunkue pisang.

Pisang raja yang digoreng hingga cokelat kehitaman dengan lelehan karamel pisang ini sangat menggoda. Hmm... rasanya manis legit, sedikit pahit dengan aroma wangi pisang raja yang tua. Wah, saya jadi ingat kalau mampir ke Muntilan, pisang raja goreng ini selalu jadi favorit saya.

Kupat tahu Magelang yang jadi andalan rumah makan ini disajikan dalam piring sedang. Di Magelang yang tersohor kupat tahu warung Pojok. Warung ini selalu disesaki pembeli. Kupat tahu yang sederhana justru memikat. Racikannya hanya ketupat, potongan tahu, tauge dan kol yang disiram kuah kecap encer berbumbu bawang putih.

Sajian kupat tahu rumah makan ini tampil dalam porsi lebih besar. Tahu putih digoreng kering kemudian diberi kuah kecap encer dengan bumbu bawang putih dan cabai rawit yang diuleg di atas piring. Kuahnya yang ringan dengan rasa manis pedas membuat sajian ini terasa segar. Tahu putih yang lembut teksturnya, gurih mengelus lidah.

Irisan kasar daun kol yang dicelup air mendidih plus tauge terasa krenyes renyah. Apalagi dilengkapi dengan topping bakwan sayuran. Hmm... bakwan ini setelah terendam kuah kecap yang pedas-pedas manis rasanya makin dahsyat!

Nasi ramesan yang disebut nasi langgi adalah nasi khas Jawa Tengah. Nasi putih disajikan dengan lauk yang berkeliling di sekitar nasi. Ada dadar telur, irisan timun, kemangi, suwiran ayam opor, sambal goreng hati udang, kering kentang, dan kerupuk udang.

Terus terang karena lauknya diolah dengan bumbu yang royal terasa sangat miroso alias meresap sempurna. Kering kentangnya renyah, sambal gorengnya juga berbalut bumbu cabai yang pedas gurih. Demikian juga dengan opor ayam yang gurih empuk!.

Untuk membilas rasa gurih pedas, ada berbagai menu es campur yang menggiurkan. Es campur ini diberi beragam nama yang menarik seperti Es Rindu, Es Jatuh Cinta, Es Pelangi Kasih, Es Dua Hati atau Es Putri Salju. Es Pelangi Kasih yang berisi cendol, manisan kolang-kaling, cincau, tapai dan biji delima dengan balutan es serut plus susu kental manis memang mantap sebagai penutup.

Harga yang ditawarkan juga tak mahal. Seporsi kupat tahu Rp 14.500, nasi langgi Rp 18.000 dan es pelangi kasih Rp 10.500. Selain pesanan nasi box, juga tersedia paket nasi tumpeng komplet mulai Rp 350.000,00. Hmm... kalo lagi ingin makan ramesan yang miroso, rumah makan ini bisa jadi persinggahan!

Bale Dahar
Jl. Panjang No. 5D Kebon Jeruk
Jakarta Barat

* detikfood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar