Rabu, 24 November 2010

Haruan Masak Habang, Makanan Tradisional Banjarmasin

Jakarta - Banjarmasin adalah kota yang bangga akan sajian seafood-nya. Tetapi, kebanyakan seafood yang dimaksud adalah justru ikan dari sungai atau kawasan muara. Misalnya, masakan tradisional paling populer di Banjarmasin adalah haruan masak habang, yaitu ikan gabus yang dimasak dengan cabe merah - mirip bumbu bali pada masakan Jawa Timur-an. Ikan patin dan udang galah yang banyak dijajakan di warung-warung juga merupakan kekayaan sungai.

Tidak heran, Banjarmasin memang juga dikenal sebagai Kota Seribu Sungai. Sungai besar maupun anak-anak sungai mengalir dan membelah berbagai bagian kota.

Salah satu rumah makan "seafood" populer di Banjarmasin adalah Pondok Asian. Awalnya, rumah makan ini berlokasi di pinggiran kota Banjarmasin, tetapi kini bahkan sudah punya dua cabang lain - termasuk yang di pusat kota ini. Pondok Asian selalu bangga menawarkan signature dish mereka, yaitu Kepiting Kelapa Muda. Kepiting jenis yang dipakai di sini pun sebenarnya bukan satwa laut murni karena habitatnya adalah di hutan-hutan bakai di tepi pantai.

Selain hidangan kepiting yang sudah umum dijumpai di tempat-tempat lain - seperti kepiting lada hitam, kepiting saus padang, kepiting saus tiram, dan lain-lain - Kepiting Kelapa Muda memang sajian khas hasil kreasi para jurumasak Pondok Asian sendiri. Itu pula sebabnya hidangan ini belum tersedia di tempat lain.

Kepitingnya digoreng sebentar, kemudian dimasak lagi di dalam tempurung kelapa muda dalam bumbu kari tanpa santan - melainkan dengan air kelapa muda. Menjelang matang, serutan kelapa muda dimasukkan ke dalam tempurung untuk dimasak bersama kepiting dan bumbu-bumbunya.

Penggunaan daging kelapa muda ini mengingatkan kita kepada Sayur Babanci khas Betawi. Gurihnya masakan kepiting berbumbu kari ini pun sangat mirip dengan citarasa Sayur Babanci. Sajian ini juga sangat harum karena dibumbui dengan daun kari (salam koja) yang aromatik itu. Selain unik, ternyata juga mak nyuss!

Jangan heran, karena memakai standar harga Banjarmasin, seporsi kepiting istimewa ini hanya dibandrol dengan harga Rp 40 ribu. Kepitingnya puncukup besar, berukuran antara 500-600 gram per ekor/porsi. Nyaman!
Ayo, ke Banjarmasin sekarang!
Pondok Asian
Jl. Gatot Subroto 5
Banjarmasin


* detikfood
Lihat juga : tamani, marzano, pizza hut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar