Rabu, 24 November 2010

Super Lezat di Pasar Malam Shihlin, Taiwan

Kalau selama ini Anda sering mendengar mengenai jajanan super lezat di pasar malam Shihlin, Taiwan. Sekarang tidak perlu jauh-jauh pergi kesana. Sebab aneka jajanan lezat Shihlin tersebut kini ada di Jakarta. Mau?

Pertama kali saya mengenal Shihlin Taiwan Street Snack ini beberapa tahun lalu saat ke Far East Plaza Singapore - sebuah mal yang paling banyak dikunjungi anak-anak muda. Ada sebuah food stall yang antriannya selalu paling ramai dan membuat saya penasaran. Dan minggu lalu, saat berkunjung ke Emporium Mal Pluit untuk mencari snack sore, serasa dejavu melihat neon sign berwarna merah maron ini di jajaran foodcourt paling atas.

Tanpa melihat alternatif jajanan lain, saya langsung merekomendasikan dan mengajak teman saya mencoba jajanan khas Taiwan ini. Kami memesan best seller-nya XXL Crispy Chicken yang berupa fillet ayam berbalur tepung khusus di goreng kering (seperti katsu hanya beda di ukuran yang memang benar-benar jumbo).

Yang membuat khas crispy chicken yang masih panas itu dipotong menjadi ukuran bite size, ditaburkan pepper dan chili powder yang generous. Kemudian disajikan dalam sebuah paper bag, dan cara memakannya dengan menggunakan tusukan dari bambu. Rasanya? Ayamnya sangat juicy, gurih dengan sensasi sedikit pedas hmm... dijamin yummy!

Menu kedua yang kami coba adalah Crispy Floss Egg Crepe - terbuat dari kulit crepe dengan tambahan daun bawang yang menyerupai roti pita untuk kebab. Hanya saja ini lebih lembut, lalu filling-nya adalah telur dadar plus taburan abon dalam jumlah banyak dan bercitarasa sedikit manis. Setelah itu crepenya digulung, dipotong menjadi 6-8 bagian dan diberi saus manis berwarna kecoklatan. Hmm, bentuknya seperti lumpia goreng hanya citrasanya tidak kalah enak! Ada beberapa pilihan filling untuk egg crepe ini yaitu sausage cheese dan mushroom cheese.

Ada satu jajanan lainnya yang belum sempat saya coba yaitu handmade oyster mee sua yang konon sangat terkenal dan menjadi favorit banyak orang. Mie putih yang kurus ini disajikan dengan kuah kental berwarna cokelat, dengan potongan daging ayam rebus, oyster, taburan daun ketumbar (coriander) dan potongan cabai. Sepertinya cocok menjadi santapan saat musim hujan seperti ini.

Senang rasanya menemukan jajanan khas Taiwan ini di Jakarta. Pencinta kuliner, silahkan mencoba!

Shihlin Taiwan Street Snacks
Emporium Mall Lantai 4 FC-10
Jl. Pluit Selatan Raya
Jakarta Utara

* detikfood
Lihat juga : table8, sushi tei, burger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar