Minggu, 28 November 2010

'Rendang' Masakan Khas Sumatra Barat

KETIKA menyebut makanan khas Sumatra Barat yang langsung terpikir adalah rendang. Makanan ini dibuat dari bahan utama daging dan kelapa kari yang memiliki rasa yang sangat lezat dan berwarna hitam kecokelatan atau kemerah-merahan.

Rendang yang telah menjadi menu utama restoran-restoran padang di ibukota, juga menjadi hidangan utama di beberapa restoran di Provinsi Sumatera Barat. Untuk harga satu porsi daging rendang berkisar dari Rp 7.500 hingga Rp 10.000.

Selain itu, menu rendang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh yang cocok. Rendang akan lebih enak setelah dipanaskan beberapa kali dan tidak mudah basi.

Ada pun menu khas Sumatra Barat lainnya yang bisa Anda nikmati seperti dendeng, balado, asam gulai dan padeh serta aneka minuman jus dan teh telur.

Rendang dianggap memiliki nilai filosofis yang tinggi, dimana daging merupakan simbol pemimpin kelompok adat, cabe (lado) dijadikan tokoh ulama yang harus siap mengambil atau membuat keputusan dan kelapa (karambia) melambangkan tingkat kecerdasan.


* mediaindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar